beritaGo.com
 
 
   
 
 
Tutup Iklan
ads
 

Perkuat Nuansa Ramadhan Saat Adakan Bukber di Rumah

Perkuat Nuansa Ramadhan Saat Adakan Bukber di Rumah

 
wildan
2016-06-26 03:33:40
wildan Ibu dan Anak 0 190
 
 
Perkuat Nuansa Ramadhan Saat Adakan Bukber di Rumah

Perkuat Nuansa Ramadhan Saat Adakan Bukber di Rumah

 

Berita Ibu dan Anak Pilihan

 
 
 
 
 

Selama bulan Ramadhan, masyarakat muslim di Indonesia umumnya punya agenda wajib yang tidak boleh terlupakan. Ya, buka puasa bersama!

Selain di mal atau cafe, kegiatan buka puasa bersama ini juga kerap dilakukan di rumah. Tujuannya, agar lebih menciptakan kesan akrab dan hangat, tanpa harus terganggu dengan ramainya suasana pengunjung di restoran.

Tak hanya itu, bujet buka puasa bersama di rumah juga dinilai lebih hemat, ketimbang menyantap menu hidangan di restoran.

Nah, untuk Anda selaku tuan rumah yang saat ini tengah merencanakan agenda ifthar (buka puasa bersama) di rumah, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah menata ruangan sebaik mungkin.

Salah satunya, menyediakan area yang dirasa cukup untuk menampung tamu undangan. Maka dari itu, sebaiknya geser beberapa furnitur ke pojok ruangan, atau bahkan dipindah ke tempat lain. Selain untuk tempat berkumpul saat berbuka, ruangan ini juga bisa dipakai sebagai tempat salat berjamaah.

Berbicara lebih lanjut tentang buka puasa di rumah, sebagian orang biasanya lebih ‘ribet’ terhadap hidangan yang akan disajikan dan ruangan yang hendak digunakan. Alhasil, menciptakan nuansa Ramadhan yang sesungguhnya kerap terlupa dari ingatan.

Lalu bagaimana cara menciptakan suasana berbeda saat mengadakan ‘bukber di rumah’?

Suguhkan murottal Alquran

Murottal adalah membaca Alquran yang memfokuskan pada dua hal yaitu; kebenaran bacaan dan lagu Alquran. Dikarenakan konsentrasi bacaan berpusat pada penerapan tajwid sekaligus lagu, maka porsi lagu Alquran tidak dibawakan sepenuhnya, tetapi hanya pada nada asli atau sedang.

Sebagai referensi, Anda bisa memutar murottal Alquran yang dibacakan Mishary Rashid Alafasy melalui youtube. Biarkan tamu undangan yang hadir menikmatinya, sambil bercengkrama dengan sahabat yang sudah lama tidak berjumpa.

Siarkan ceramah agama

Untuk yang satu ini, Anda bisa menyajikannya lewat televisi maupun radio. Ceramah agama akan memperkuat nuansa Ramadhan, sekaligus memberi pengetahuan yang bermanfaat bagi tamu undangan Anda.

Beruntung, jika salah satu dari tamu Anda ada yang berprofesi sebagai ustad. Anda bisa meminta kesediannya untuk memberikan materi kultum sembari menunggu waktu berbuka. Dengan begitu, agenda bukber di rumah tidak lagi hanya mengutamakan hura-hura belaka.

Senandungkan lagu Islami

Saat ini kompilasi lagu-lagu islami sangat mudah ditemukan baik dengan cara online maupunoffline. Bagi Anda yang lebih menyukai lagu Islam berbahasa Inggris, karya terbaik dari Maher Zain seperti Allahi Allah Kiya Karo bisa diperdengarkan.

Atau lagu islami lain yang tengah hits seperti Kun Anta yang dinyanyikan Hunmood, juga cocok diputar saat agenda buka puasa bersama dimulai. Tak pelak, Anda dan tamu undangan yang hadir akan merasakan nuansa Ramadhan yang begitu ceria nan hangat.

 
 
 

Promoted Stories

Lainnya

 
 

Komentar Sedulur

   Belum ada komentar dari sedulur beritaGo.

  Tulis Komentar

   Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
 

Komentar Facebook

   
image

beritago.com merupakan portal berita dan informasi yang mengusung konsep "social media journalism", yakni dimana masyarakat dapat ikut menjadi kontributor informasi serta menggunakan portal beritaGo.com dengan bertanggungjawab dan sesuai dengan ketentuan penggunaan yang telah ditetapkan,

Informasi dan Kerjasama

  •   contact@beritaGo.com
  •  08123456789 / 024-123456
  •  indiego inti corpora ltd
   
 
 
Copyright 2016 beritaGo by indiego inti corpora. Social Media Journalism and Social Broadcasting System. All Rights Reserved.

Local Straight News , Aggreggate Content dan Social Media Journalism oleh beritaGo.com
Copyright 2014-2016 All Rights Reserved. beritaGo.com is a registered trademark of indiego inti corpora
Jawa Tengah, Indonesia.

Tutup Iklan